Manajemen sebagai ilmu :
* Adanya prinsip dan teori yang menjadi dasarmelengkapi kerangkastruktural untuk suatu ilmu
* Prinsip adalah kebenaran fundamental
* Teori adalah pengelompokan sistematis terhadap prinsip prinsip yang saling berhubungan
Manfaat teori dan teknik manajemen :
1) Untuk meningkatkan efisiensi
2) Untuk mengkristalisaisifat manajemen
3) Untuk mencapai tujuan sosial
Konsep teori sistem dalam pemanajemenan :
1) Keseluruhan
2) Adaptasi terhadap lingkungan
3) Adanya keseimbangan timbal balik antara input dengan output
EVOLUSI PEMIKIRAN MANAJEMEN
1. Kontribusi manajemen pada masa lalu
a. Manajemen jaman kuno
- Peninggalan mesir kuno
- Ajaran konfusius cina
- Persemakmuran di Ethena
- Kekaisaran Roma
Pengorganisasian : Hirarki otoritas dan spesialisasi berdasarkan fungsinya
c. Organisasi Kemiliteran
Prinsip staff dan kesatuan komando dalamotoritas menjadi ciri salah satu bentuk sumbangan teori manajemen
d. Para kameralis
kameralis adalah sekelompok cendikiawan dan administrator negara berkebangsaan jerman dan austria.
2. Pelopor yang mendahului Taylor dan manajemen ilmiah
- James watt Jr. dan Mattew R B
- Robert Owen
- Charles Babbage
- Henry Varnum Poor
14 PRINSIP UMUM MANAJEMEN
1. Pembagian kerja
2. Otoritas dan tanggung jawab
3. Disiplin
4. Kesatuan komando
5. Kesatuan pengarahan
6. Menomorsatukan kepentingan bersama
7. Gaji
8. Sentralisasi
9. Rantai saklar
10. Tata tertib
11. Keadilan
12. Stabilitas masa jabatan
13. Inisiatif
14. Semangat korps
MUNCUL ILMU-ILMU KEPERILAKUAN DALAM ILMU MANAJEMEN
1. Timbulnya psikologi industri
2. Pertumbuhan manajemen personalia
3. Pengembangan pendekatan sosiologis terhadap manajemen
PENDEKATAN MANAJEMEN
1. Kasus
2. Perilaku antar pribadi
3.Perilaku kelompok
4. Sistem sosial yang kooperatif
5. sistem sosioteknis
6. Teori keputusan
7. Sistem
8. Matematis atau ilmu manajemen
9. Kontjensi atau situasional
10. Peran manjerial
11. Operasional
- FUNGSI MANAJEMEN
tujuan: 1. mengurangi resiko dalam perubahan yang mungkin terjadi di masa depan.
2. menjamin proses pencapaian tujuan dapat terlaksana
# Organizing (pengorganisasian) adalah pembagian tugas yang akan dikerjakan dan pengembangan struktur organisasi agar pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik.
tujuan: 1. penentuan dan penelitiankegiatan- keiatan yang diperlukan untuk tujuan perusahaan
2. penggolongan kegiatan-kegiatan perusahaan
# Directing (pengarahan) adalah fungsi manajemen yang berkaitan dengan usaha memberi bimbingan, motivasi, dan perintah atau intruksi pada bawahan dalam melaksanakan tugas
# Coordinating (koordinasi)adalah proses pengintegrasian tujuan dan kegiatan unit-unit yang trepisah dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan.
# Controling (pengawasan) adalah kegiatan untuk mengoreksi adanya penyimpangan dari hasil yang telah dicapai dibandingkan dengan rencna kerja yang telah ditetapkan sebelumnya
# Forecasting (peramalan) adalah kegiatan meramalkan atau mengadakan taksiran terhadap berbagai kemungkinan yang akan terjadi sebelum suatu rencana dapat dilakukan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar